Cara Menggunakan Perintah Erase, Explode, dan Offset Pada AutoCAD 2016

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat datang di Tutorial AutoCAD Electrical 2016

Cara Menggunakan Perintah Erase, Explode, dan Offset Pada AutoCAD 2016

kita lanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Cara menggunakan Array di AutoCAD Electrical 2016...sekarang kita lanjutkan dengan perintah Erase, Explode, dan Offset....
  • Erase digunakan untuk menghapus obyek
  • Explode digunakan utuk memecah obyek gabungan
  • Offset digunakan untuk menyalin obyek secara paralel.
Perintah Erase sangat sering digunakan dalam autocad, cara capat penggunaan dari perintah ini adalah pada keyboard tekan huruf  "E" maka perintah tersebut akan aktif. cara menggunakan perintah ini sangatlah mudah, tekan "E" kemudian tekan "Enter" atau "Spasi", selanjutnya pilih obyek yang ingin dihapus dan terakhir tekan "Enter" atau "Spasi" untuk menghapus obyek tersebut, anda bisa membalik urutan dari cara diatas..Pilih obyek kemudian tekan "E" dan terakhir pilih "Enter" atau "Spasi".

Perintah Explode ini digunakan untuk memecah obyek gabungan, caranya adalah dengan menekan huruf "X" maka perintah ini akan aktif. Cara menggunakan perintah ini adalah tekan "X" kemudian tekan "Enter" atau "Spasi" selanjutya pilih obyek gabungan yang ingin dipecah, terakhir adalah tekan "Enter" atau "Spasi". bisa juga dengan memilih obyek terlebih dahulu kemudian tekan "X" dan terakhir adalah tekan "Enter" atau "Spasi".

Perintah Offset ini digunakan untuk menyalin obyek secara paralel, caranya adalah dengan menekan huruf "O" maka perintah ini akan aktif. cara menggunakan perintah ini adalah tekan huruf "O" kemudian tentukan jarak offset yang diinginkan dengan cara klik titik mula kemudian klik point kedua atau masukkan niali dari jarak offset tersebut. terakhir adalah pilih atai klik obyek yang ingin digandakan paralel, arahkan ke luar untuk membuat salinan melebar dan arahkan ke dalam untuk membuat salinan menyempit.

Untuk lebih jelasnya, saya telah membuatkan video tutorialnya ...langsung saja...Selamat menyaksikan..


How to use the Erase, Explode, Offset in... oleh awhy251

kenapa dalam blog ini saya kebanyakan mencantumkan video tutorial, karena video tutorial ini lebih ampuh dalam memberikan pemahaan dari suatu materi dibandingkan dengan tulisan semata.

Jika dalam video tersebut masih ada yang kurang jelas, silahkan bertanya..

Salam

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment