Cara Menggunakan Perintah TEXT Pada AutoCAD 2016

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat datang di Tutorial AutoCAD Electrical 2016

Cara Menggunakan Perintah TEXT Pada AutoCAD 2016

Kali ini saya akan membahas mengenai cara menggunakan "Text" di AutoCAD Electrical 2016, dalam AutoCAD ada dua jenis perintah Text yang disediakan yaitu Multiline Text dan Single Line Text. sebelumnya kita harus tahu dulu apa sih Single Line Text dan Multiline Text itu.?. langsung saja yaa..berikut pemaparannya.
  • Single Line Text adalah salah satu perintah dalam AutoCAD yang digunakan untuk membuat text yang berdiri sendiri dimana fungsinya sendiri hanya bisa satu baris saja, jadi SLT ini digunakan untuk text yang simple dan sederhana saja. perintah cepatnya adalah "DTEXT", kemudian untuk mengubah text seperti ukuran, jenis dan semacamnya hanya bisa dilakukan sebelum dan setelah pengetikan text dilakukan yaitu di properties.
  • Multiline Text adalah salah satu perintah dalam AutoCAD yang digunakan untuk membuat text yang komplex dimana fungsinya agak mirip dengan penggunaan microsoft word, jadi didalamnya itu bisa paragraf, multi kolom, bullet, dll. perintah cepatnya adalah MT atau T, kemudian untuk mengubah pengaturan text dapat dilakukan pada saat pengetikan text berlangsung. pengaturan text juga dapat dilakukan dengan hanya mengklik dua kali pada text yang ingin diedit. 
Kedua perintah diatas memiliki kesamaan yaitu untuk membuat text..hehehehehe...sebenarnya kita tidak bisa membedakan apakah ini Single Line Text atau Multiline Text jika sudah berada pada print out atau dalam bentuk PDF...yang membedakan hanyalah proses pembuatan dan fitur didalamnya.

Saya sudah buatkan video tutorialnya, semoga dengan video ini semua bisa mengerti cara menggunakan Single Line Text atau Multiline Text di AutoCAD Electrical 2016.

Selamat menyaksikan..


How to use Text commands in AutoCAD Electrical... oleh awhy251

Kenapa dalam blog ini saya kebanyakan mencantumkan video tutorial, karena video tutorial ini lebih ampuh dalam memberikan pemahaan dari suatu materi dibandingkan dengan tulisan semata.

Jika dalam video tersebut masih ada yang kurang jelas, silahkan bertanya..

Salam

Artikel Terkait

1 comment:

  1. pada tahap 1, hh ga bisa konek sama pc knp gan? mohon pencerahan

    ReplyDelete